FIFA Berang Terkait Isu Digelarnya Liga Super Eropa

JawaPos.com – Langkah tegas dilakukan FIFA terkait isu akan diadakannya Liga Super Eropa. Sebab liga tersebut jelas melanggar peraturan karena tidak masuk ke dalam agenda resmi FIFA. Adanya isu digelarnya Liga Super Eropa membuat FIFA berang.

Alhasil beberapa pemain dari klub papan atas Eropa yang diduga terlibat hal tersebut terancam diberikan saksi berat. Ancaman ini dilakukan sebagai langkah FIFA agar liga tersebut tidak bergulir.

Salah satu langkah yang akan dilakukannya adalah melarang pemain tersebut tampil di Piala Dunia, Piala Eropa, dan UEFA Nations League. “Ini termasuk semua. Jadi tergantung apakah kamu (pemain) masuk atau tidak,” tambah Presiden FIFA, Gianni Infantino sebagaimana dikutip dari The Guardian.

Keputusan tersebut menyusul setelah adanya kabar dari majalah Jerman, Der Spiegel mengenai akan diadakannya Liga Super Eropa. Nantinya liga itu akan diikuti oleh sebelas klub dari Italia, Jerman, Spanyol, Inggris, dan Prancis.

Nama besar seperti Barcelona, Manchester City, Bayern Muenchen, Arsenal, Chelsea, Liverpool, Manchester United, Real Madrid, Paris Saint- Germain, Juventus, dan AC Milan diduga menjadi klub yang ikut berpartisipasi. Mereka semua berencana menggantikan Liga Champions.

Berdasarkan isu yang berembus, mereka akan menunjuk satu perusahaan di Spanyol untuk mengorganisir dan mengadakan liga tersebut. Nantinya liga tersebut akan memiliki sistem yang sama yakni ada fase grup dan babak penyisihan.

Tentunya FIFA sangat dirugikan dengan adanya kompetisi tersebut. Alhasil mereka mengambil langkah tegas dengan melarang langsung para pemain dari klub-klub yang bersangkutan untuk ikut laga-laga resmi dari FIFA.

“Jadi gagasannya adalah jika kamu keluar, maka kamu benar-benar keluar. Kamu tidak bisa menempatkan satu kaki di dalam dan di luar,” imbuh Direktur Legal FIFA, Alasdair Bell.

(mat/JPC)