Ada ‘Paris, Granada, dan Verona’ di Markas Baru Huawei

Jakarta – Huawei sedang membangun markas baru yang berlokasi di Dongguan, China. Menariknya, ada sejumlah kota besar Eropa di markas baru raksasa China itu.

Markas baru Huawei itu dibangun di lahan seluas sembilan kilometer persegi, dan bisa menampung sampai dengan 25 ribu karyawan. Di lahan seluas itu, Huawei membaginya menjadi sejumlah ‘kota’ terpisah yang masing-masing didesain dan dinamai layaknya kota di Eropa.

Ada Paris yang merupakan ibukota Prancis, lalu ada juga Granada yang merupakan kota di Spanyol, lalu ada Verona di Italia, serta Bruges di Belgium. Secara total ada 12 ‘kota’ yang dibangun di markas barunya itu, dan saat ini baru delapan yang sudah selesai dibangun.


Saking besarnya markas baru Huawei ini, mereka mengoperasika sebuah trem sebagai sarana transportasi para karyawannya untuk berpindah dari satu kota ke kota yang lain, demikian dikutip detikINET dari CNBC, Rabu (16/1/2019).
Ada juga sebuah jembatan unt menghubungkan beberapa area berbeda di markas tersebut yang terpisah oleh sebuah danau. Jembatannya sendiri merupakan replika dari Freedom Bridge yang aslinya ada di Budapest, Hungaria.

Markas barunya itu terletak di sebuah lokasi bernama Dongguan yang terletak di bagian selatan China. Area ini tepatnya berada di bagian utara dari Shenzhen, tempat markas besar Huawei saat ini.

Meski belum selesai dibangun, sudah ada 17 ribu karyawan Huawei yang berkantor di markas barunya ini. Saat nanti sudah selesai, diperkirakan ada 25 ribu karyawan yang bisa ditampungnya. Kantor pusat Huawei yang ada di Shenzhen sendiri saat ini menampung lebih dari 50 ribu orang karyawan. (asj/krs)