Ditinggal Milenial, Facebook Menggoda dengan Aplikasi Baru

Jakarta – Facebook, platform media sosial buat Mark Zuckerberg, perlahan mulai ditinggalkan penggunannya terutama di usia generasi milenial. Pada tahun lalu saja sebuah survei yang dilakukan perusahaan bernama eMarketer menemukan fakta Facebook kehilangan sekitar 2,8 juta penggunanya di AS di bawah usia 25 tahun pada 2017.

Ditambah kini aplikasi Facebook pun disalip kepopulerannya oleh WhatsApp dan Instagram. Tak ingin lebih banyak kehilangan penggunanya Facebook berupaya menarik kembali pengguna remaja dengan mengujicoba aplikasi baru yang dinamai LOL.

Dilansir detikINET dari Phone Arena yang mengutip dari Techcrunch aplikasi LOL adalah umpan sederhana dari video lucu dan GIF. Aplikasi ini akan menarik konten dari posting News Feed dengan halaman meme paling atas yang ada di Facebook.

aplikasi LOL facebookaplikasi LOL facebook Foto: Facebook

Pengujian ini pun dilakukan dengan menggunakan sekitar 100 siswa sekolah menengah di Amerika Serikat yang secara aktif menguji LOL setelah sebelumnya menandatangani NDA (non-disclosure agreements) dengan persetujuan orang tua.

Para remaja yang melakukan pengujian aplikasi ini akan memiliki pengalaman LOL sebagai pengganti dari tab yang ada di Watch. Facebook sendiri telah mengonfirmasi bahwa mereka sedang menguji LOL secara pribadi sebagai rumah untuk konten meme lucu.

Dikatakan oleh Facebook mereka belum ada rencana untuk meluncurkan fitur tersebut di Watch dan para tim internal masih mengevaluasi apakah LOL akan diluncurkan sebagai bagian dari salah satu aplikasi utama atau sebagai aplikasi mandiri.

Ini bukanlah yang pertama bagi Facebook, pada November tahun lalu Facebook pernah merilis aplikasi bernama Lasso yang mirip dengan aplikasi Tiktok. Lalu ada juga IGTV yang ada di Instagram dan Watch.

Meski aplikasi-aplikasi tersebut dianggap gagal namun dengan membuat aplikasi terbarunya yakni LOL, Facebook masih pantang menyerah untuk mendapatkan kembali pengguna milenialnya.

(jsn/jsn)