Elon Musk Mau Bikin Mobil Terbang?

Jakarta – Ambisi Elon Musk tampaknya tidak habis-habis. Mulai dari membangun koloni di Mars, hingga menghubungkan otak manusia dengan komputer menggunakan teknologi yang disebut Neuralink.

Kini, Musk menyebut bahwa ia ingin membuat mobil terbang. Idenya ini sepertinya akan menggabungkan teknologi buatan dua perusahaannya, Tesla dan SpaceX.



Lewat akun Twitter-nya, Musk membalas cuitan yang memperlihatkan GIF mobil DeLorean dari film Back to the Future yang sedang terbang. Ia pun menyebut bahwa mobil listrik Roadster buatan Tesla akan memiliki kemampuan seperti ini di masa depan.

Roadster sendiri merupakan mobil termahal buatan Tesla yang dibanderol dengan harga mulai dari USD 200.000 (Rp 2,8 miliar). Musk memang sebelumnya pernah menyebut bahwa Tesla Roadster terbaru akan memiliki ‘SpaceX option package’ yang memungkinkannya untuk terbang.

YouTuber teknologi Marques Brownlee atau yang lebih dikenal sebagai @MKBHD pun awalnya tidak yakin bahwa Musk sedang bercanda atau tidak. Musk pun menjelaskan cara kerja sistem pendorong yang akan digunakannya.

“Saya tidak sedang bercanda. Akan menggunakan sistem pendorong gas dingin milik SpaceX dengan tekanan udara ultra tinggi di bejana komposit yang menggantikan dua kursi belakang,” jelas Musk lewat cuitannya, seperti dikutip detikINET dari CNBC, Sabtu (12/1/2019).

Selain memungkinkan untuk terbang, Musk menyebut bahwa teknologi ini akan membuat akselerasi mobil yang bisa mencapai batas daya tahan manusia.

Musk bukan satu-satunya entrepreneur Silicon Valley yang memiliki ambisi untuk membuat mobil terbang. Pendiri Google, Larry Page pun mengejar ambisi serupa lewat startup bernama Kitty Hawk. (vim/rns)