Fotografer ‘Telur Rekor’ di Instagram Dikagetkan Karya Sendiri

Jakarta – Sebuah foto telur di Instagram berujung sensasi karena meraup jumlah Like paling banyak di media sosial tersebut. Fotografernya pun sampai merasa keheranan dibuatnya.

Namanya Serghei Platanov. Diwawancarai oleh media melalui email, dia mengaku terkejut foto yang dijepretnya itu berhasil mengalahkan foto Kylie Jenner sebagai pemegang rekor Like tertinggi, saat ini jumlahnya di angka 46,5 juta Like.

“Tujuanku cuma mengambil foto telur sederhana, buat fun saja. Tidak pernah aku berpikir akan menjadi sensasi seperti ini. Telur ya adalah telur,” katanya yang dikutip detikINET dari This Is Insider.

Platanov yang menolak menyebut kewarganegaraannya ini, memajang karyanya antara lain di website Shutterstock sejak tahun 2009. Dia tercatat memposting foto telur tersebut pada 23 Juni 2015 dengan judul ‘Eggs isolated on white background’.

Nah pada 4 Januari lalu, seseorang yang sampai saat ini identitasnya masih misterius membuat akun Instagram @world_record_egg memakai foto Platanov. Tujuannya untuk mendapatkan Like terbesar, yang akhirnya jadi kenyataan.

Platanov menyatakan foto telurnya dibeli dengan sistem lisensi sehingga akhirnya ia tahu karyanya itu jadi kehebohan di dunia maya. Ia menegaskan tidak kenal sama sekali dengan sosok yang menjalankan akun Instagram bersangkutan.

Tak seperti banyak fotografer, Platanov tidak memajang portofolio karyanya di media sosial. Kalaupun mengakses medsos, itu karena ia ingin menikmati karya fotografi orang lain.

“Sering aku melihat foto yang bagus di jejaring sosial. Tapi aku tidak melakukan aktivitas apapun pada foto itu. Kupikir, value dari Like itu dilebih-lebihkan,” ujarnya.

(fyk/krs)