Jack Ma Cemas Teknologi Sebabkan Perang Dunia III

Davos – Jack Ma mengkhawatirkan perkembangan teknologi bisa berujung pada perang dunia III. Kecemasan itu berlandaskan pengalaman yang terjadi di masa lalu, bahwa inovasi teknologi merupakan faktor utama terjadinya konflik global.

“Perang dunia pertama adalah karena revolusi teknologi pertama. Lalu revolusi teknologi kedua menyebabkan perang dunia kedua,” kata pendiri Alibaba ini di ajang World Economic Forum di Davos, Swiss.

“Sekarang ini adalah revolusi teknologi yang ketiga,” lanjut Ma yang dikutip detikINET dari CNBC.

Bukan pertama kalinya Jack memperingatkan hal itu. Tahun 2017, dia pernah mengatakan bahwa perkembangan machine learning dan artificial intelligence atau kecerdasan buatan bisa berujung pada perang dunia III.

Kegelisahan serupa dirasakan pula oleh pendiri SpaceX dan Tesla, Elon Musk. Ia berulangkali mengatakan teknologi kecerdasan buatan bisa berbahaya jika tidak dikendalikan.

Akan tetapi, Jack masih percaya bahwa teknologi pada dasarnya membawa kebaikan bagi umat manusia. “Aku bukan orang teknologi, tapi aku yakin teknologi itu hebat bagi manusia,” tambah dia.

“Dan sebagai perusahaan, tidak berbuat jahat semata tidaklah cukup. Kalian harus melakukan hal baik bagi dunia, bagi masa depan dan percaya pada anak muda,” tambah orang terkaya China yang akan pensiun dari Alibaba tahun depan ini.

(fyk/rns)