Pesan Jokowi untuk Bukalapak yang Sedang Ultah ke-9

Jakarta – Bukalapak telah menginjak usianya yang ke 9 pada 10 Januari 2019. Salah satu e-commerce lokal yang sudah berstatus sebagai unicorn itu menggelar acara ulang tahun di Jakarta Convention Center pada Kamis (10/1/2019) malam.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Pria yang kerap disapa Jokowi ini banyak bicara soal kiprah UMKM di Indonesia yang menurutnya masih menemui berbagai masalah.

“UMKM yang ada di negara kita ini ada 56 juta. Ada banyak masalah di UMKM-UMKM kita, yang berkaitan dengan bagaimana membangun brand, bagaimana mengikuti desain yang sesuai dengan keinginan pasar, bagaimana membuat kemasan yang menarik pembeli, dan persoalan lain yang menyangkut modal, yang menyangkut akses ke pasar,” tuturnya.

Ia pribadi pun mengaku sedih ketika sedang ke pasar dan melihat banyak produk bagus tapi tidak dikemas dengan baik sehingga sulit untuk masuk ke pasar yang lebih luas. Maka dari itu, kekuatan toko online diharapkannya dapat membantu memecahkan persoalan tersebut.

“Jika ekosistem online dengan offline bisa tersambung, ini akan jadi kekuatan yang besar bagi negara kita. Jangan sampai karena produk kita tidak bisa masuk ke online, malah diisi oleh barang-barang dari luar,” katanya.

Dari situ, ia berpesan kepada Bukalapak untuk bisa membangun ekosistem online yang tersambung dengan ekosistem offline. Ia mendorong e-commerce tersebut untuk bekerja sama dengan pemerintah dalam memperbaiki kualitas produk-produk UMKM, seperti misalnya dari sisi kemasannya.

“Jumlah pelapak di Bukalapak ada 4 juta. Jumlah yang sangat besar, tapi jika dibandingkan dengan 56 juta UMKM di indonesia, Bukalapak masih punya pekekerjaan besar untuk 52 juta (sisanya),” ujar Jokowi

Menurutnya, itu menjadi tugas bagi Bukalapak dan para menteri terkait untuk bisa menggandeng lebih banyak lagi UMKM yang masuk di Bukalapak. Untuk saat ini, Jokowi merasa senang dengan laporan yang menyebut bahwa 78{deae9db9a2a3e6c82917f32c41752feff29e188cf244bdec3619e510bf0dea85} dari pelapak di Bukalapak adalah UMKM. (mon/fyk)